6 Tips Ampuh Memilih Tempat Kursus di Kampung Inggris

test english school

Kalau kalian berniat belajar Bahasa Inggris di kampung Inggris tapi masih bingung nentuin tempat kursusan atau bingung pilih program yang seperti apa, maka tulisan ini bakal bantu kalian banget.  

Saya pun awalnya sama seperti kalian dan belum lama ini saya baru pulang dari kampung Inggris, saya dikampung Inggris sejak dari juli akhir hingga awal desember 2016. Jadi masih fresh banget pengalaman selama disana. Dengan tujuan buat bantu kalian para pelajar, mahasiswa, bapak-bapak, ibu-ibu, tulisan ini saya buat. Semoga membantu.

1.    TUJUAN

Apa tujuan kamu datang ke kampung Inggris?

Berdasarkan pengalaman saya, orang yang datang ke kampung Inggris dibagi menjadi tiga, belajar, liburan sambal belajar dan cari jodoh. Ya , cari jodoh, jangan salah banyak yang cinlok dan berakhir dipelaminan loh, contohnya tutor saya.

Orang yang belajar di kampung Inggris pun berbeda-beda tujuan belajarnya, ada yang untuk persiapan tes TOEFL/IELTS, meningkatkan kemampuan speaking, tes interview kerja dalam Bahasa Inggris, conversation sehari-hari, belajar writing/grammar, dan masih banyak lagi.

Jika tujuan kamu untuk persiapan tes Bahasa Inggris baik TOEFL atau IELTS, sebaiknya kamu ambil program grammar dulu jika kemampuan grammar kamu masih lemah ditambah dengan program vocabulary for TOEFL/IELTS atau bisa langsung ambil program TOEFL/IELTS preparation jika kemampuan bahasa Inggris mu sudah di level intermediate.

Bedanya apa? Jika kamu langsung ambil program preaparation, kamu bakal langsung belajar materi untuk setiap section dalam tes, dimana biasanya pembahasan materi dilakukan dengan sangat cepat dan banyak latihan soal. Makanya ini cocok banget buat kamu yang sudah di level intermediate sehingga tinggal review-review saja. Terus kalau untuk pemula ga boleh ikut program preparation??

Boleh-boleh saja, tapi resiko ditanggung sendiri. Ko gitu? Ya biasanya kalau kemampuan bahasa Inggrismu masih di level basic, kamu bakalan kesulitan buat ikutin program dan biasanya target score ngga kecapai. Untuk program preparation ini biasanya ada tes masuk untuk menentukan kamu bisa ikutan atau untuk nentuin level program. Contohnya di test English school, kalau kamu ga lolos tes, kamu harus ikutan program general English dulu baru bisa ikut TOEFL/IELTS preparation. Beda lagi dengan lembaga Oxford, kamu di tes untuk nentuin masuk di kelas level berapa, basic, intermediate, atau advance.

Khusus kamu yang mau persiapan IELTS dan kemampuan Bahasa Inggris mu masih kurang, sebaiknya kamu juga ambil program speaking.

Lalu tempat kursus mana yang cocok?

Untuk grammar: Elfast, Kresna

Untuk TOEFL preparation: Oxford, Test English School, Global English

Untuk IELTS preparation: English Studio, Test English School, Global English

Ini berdasarkan pengalaman saya ketika cari tempat kursus.
Untuk catatan: program TOEFL disini adalah TOEFL institution ya (paper based) bukan TOEFL ibt karena selama saya disana tidak ada lembaga les yang membuka program TOEFL ibt.

Untuk program speaking bisa dicek pembahasan saya dibawah.

Gimana kalau tujuan saya untuk speaking?

Kalau tujuan kamu untuk belajar speaking baik itu dasar ataupun untuk melancarkan, sebaiknya kamu langsung aja ambil program speaking. Tapi alangkah baiknya jika kamu tambah dengan program vocabulary, pronounciation, dan grammar for speaking. Oke, ini pembahasannya:

Program speaking

Disini kamu bakalan belajar untuk speaking Bahasa Inggris tentunya, biasanya tutor akan kasih kamu topic tertentu dan kamu bakalan praktek, bisa conversation atau presentasi. Beberapa tempat kursusan juga ada yang memeberikan teori speaking di awal seperti lembaga Peace (info dari teman saya yang belajar disana).

Program vocabulary

Di kelas ini kamu bakalan dikasih daftar Bahasa Inggris yang mesti kamu hafal. Biasanya hafalan bisa puluhan per hari. Tapi ada beberapa lemabag kursus yang tidak menerapkan metode hafalan seperti The Daffodils. Mereka menggunakan metode bacaan Bahasa Inggris.

Program pronunciation

Apa sih pronunciation? Pronunciation adalah cara pelafalan huruf dalam Bahasa inggis. Ini penting banget kalau kamu pingin bisa casciscus kaya bule. Di kelas ini kamu bakalan belajar phonetic symbol (itu loh symbol-simbol yang ada di kamus) yang bermanfaat banget buat baca kamus seperti Oxford atau Longman. 

Selain itu kamu juga bakalan belajar gimana caranya nyambungin kata-kata atau istilahnya linking atau connected speech. Contohnya: kalimat “What are you going to do?” Diucapkan jadi “Whaddya gonna do?” . keren kan? Makanya saya sangat rekomendasiin kamu buat ambil program ini.

Program grammar for speaking

Grammar?? Kenapa ambil grammar padahal saya mau belajar speaking aja? Ya ini ga kalah penting juga, coba kamu perhatikan bule-bule apa mereka ngomong ga pakai grammar? Mereka pasti pakai grammar meskipun yang simple-simpel. Di kelas ini kamu bakalan belajar grammar yang ga susah-susah ko, hanya grammar yang bakalan berguna di speaking seperti part of speech atau susunan kaliamat Bahasa Inggris (SPOK) dan juga biasanya belajar tenses atau penunjuk waktu. Ini bedanya Bahasa Inggris dengan Indonesia, kalau Bahasa Indonesia tenses nya sama meskipun waktunya beda-beda tinggal tambah kata besok, kemarin, lusa, dua tahun lalu, dll. Kalau Inggris beda lagi, beda waktu beda tenses. Makanya tenses ini penting banget buat kamu yang mau belajar speaking. Tenang aja perlu saya tekankan kelas ini ga seberat program grammar yang regular cenderung lebih santai jarena banyak praktek speakingnya.

Lalu tempat kursus mana yang cocok buat saya?

Wah sebenernya banyak banget untuk lembaga speaking ini. Biasanya mereka buat dalam satu paket seperti Mr. Bob, tapi kamu juga bisa ambil per kelas juga. Ada juga yang per program juga seperti Daffodils.

Rekomendasi saya:

Speaking: pastinya Daffodils

Vocabulary: Global English, Peace, Access, kalau kalian ga mau ngehafal bisa di Daffodils atau Mr. Bob.

Pronunciation: Daffodils, Mr. Bob, bule house

Grammar for speaking: Mr. Bob, peace

Bagaimana dengan reading dan listening?

Menurut saya untuk kedua ini sebaiknya kalian belajar sendiri karena kuncinya adalah kebiasaan. Saran saya kalian ambil program vocabulary dan pronunciation lalu perbanyak latihan reading bisa manga, novel, atau berita. Sedangkan nonton youtube atau dengerin podcast untuk latihan listening. Disini kuncinya dibiasakan.

Kalian bisa juga ke bule house untuk listening langsung sama bule aka native speaker. Ya bule house ini pengajarnya native speaker. Walau hanya satu.

Saya pribadi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan speaking dan writing saya, karena jujur saja saya masih merasa kurang dikedua aspek ini. Meskipun pada akhirnya saya malah ikut program IELTS preparation di dua bulanan terakhir selama saya di pare.

2.    KEMAMPUAN DASAR BAHASA INGGRIS KAMU

Ya, ini penting banget buat nentuin program apa yang cocok buat kamu biar kamu ga buang-buang waktu di kampung Inggris.

Kalau kemampuan kamu masih di level basic atau sangat pemula maka ambillah program yang masih basic tenang saja di kampung Inggris ini banyak banget kursusan untuk level basic. Saran saya perbanyak perbendaharaan kata Bahasa Inggris aka vocabulary, ngga lupa ambil pronunciation juga ya. Program speaking paling cocok untuk kamu yang masih pemula, biar ngga shock. Selain itu program paketan juga paling pas menurut saya. Gimana dengan grammar? Saranku kamu ambil basic speaking, vocabulary, dan pronunciation dulu, setelah 2-4 minggu baru kamu ambil grammar digabung speaking level lanjutan untuk memperlancar.

Kenapa ga dari awal aja ambil grammar?

Menurut saya ini tergantung teman-teman, tergantung tempat kursusannya. Kalau mereka sediakan paket lengkap mulai dari speaking sampai grammar, kamu bisa langsung ambil grammar dari awal. Masalahnya tidak semua tempat kursusan punya program lengkap. Biasanya mereka siapain speaking saja atau grammar.

Disini bedanya, tempat kursusan yang hanya sediakan program speaking atau grammar biasanya mereka ahli diaspek itu makanya tempat mereka paling favorit. Contohnya daffodils dan elfast. Kedua tempat ini paling favorit di kampung Inggris, kalau kalian mau daftar kalian harus booking kelas jauh-jauh hari, karena kelas cepat full.

3.    WAKTU

Berapa lama waktu yang kamu siapain?

Pertimbangan waktu ini juga sangat penting. Jika kamu punya waktu banyak misalnya 6 bulan kamu bisa leluasa pilih program bahkan bisa daftar di BEC, tempat kursus pertama di kampung Inggris dengan program 6 bulanan. Tapi kalau waktu mu singkat misalnya 1 bulan, kamu harus pintar-pintar pilih program agar ga buang-buang waktu. Menurut saya idealnya belajar di kampung Inggris minimal 2 bulan. Saya sendiri belajar dikampung Inggris sekitar 4 bulan. Jadi siapin waktu kamu ya.
Catatan: setiap kelas dimulai pada periode 10 dan 25 yaitu sekitar tanggal 10 dan tanggal 25. Meskipun begitu, beberapa program hanya dibuka di periode 10 saja,  biasanya untuk kelas berdurasi 1 bulan. Contohnya IELTS preparation Test English School dan Step two Daffodils. 

4.    BUDGET

Berapa banyak uang yang kamu siapkan?

Biaya kursus di kampung Inggris cenderung jauh lebih murah dari pada tempat kursus Bahasa Inggris di kota-kota besar, sebut saja EF yang bisa 2 juta-an per levelnya atau Wall Street yang bisa puluhan juta.

Untuk gambaran biaya kursus di kampung Inggris per program sekitar 45.000 – 300.000/program. Tergantung tempat kursus.

Untuk program dalam satu paket biasanya diatas 1 juta perbulannya.

Gimana dengan uang kos, makan, dll?

Biaya kos di kampung Inggris menurut saya hamper sama saja dengan di Jakarta/Bandung. Untuk dapat tempat kos yang lumayan bagus dengan kipas angin sekitar 600 ribuan/bulan. Kamarnya cukup luas sekitar 3x4 m dan nyaman. Kamar kos yang lebih murah juga ada biasanya 300-400 ribu perbedaanya biasanya lebih kebangunan kosannya, masih bagus atau seadanya dan lebih kecil tentunya. Bagaimana kalau mau tinggal di tempat ber-AC, tenang di kampung Inggris ada beberapa kos ber-AC dengan harga lebih mahal pastinya, biasanya diatas 1 juta.

Untuk catatan harga ini untuk perkamar ya, jadi kalau kalian mau tinggal berdua tinggal patungan saja berdua, misalnya harganya 600 ribu, maka tinggal dibagi dua saja.

5.    KOST/CAMP

Ini yang membedakan tempat kursus kampung Inggris dengan di kota lain. Lembaga Bahasa Inggris biasanya menyediakan camp.

Seperti apa sih camp?

Camp itu biasanya berupa rumah dengan banyak kamar. Satu kamar bisa diisi sampai 4-5 orang. Dalam camp biasanya diberlakukan aturan English area, dimana kamu bakalan kena hukuman KALAU ketauan sama tutor. Ini kalau ketauan ya teman-teman. Hukumannya bisa macama-macam dan yang paling parah dikeluarin dari camp. Tapi tenang aja meskipun kalian keluar dari camp kalian masih bisa ikut kelas.

Beberapa tempat kursus mewajiibkan membernya untuk camp tapi banyak juga yang tidak. Jika kalian merasa pingin punya privasi maka kosan lah yang paling cocok buat kamu.
Terus saya sebaiknya ambil camp/kos?

Saran saya kalau kalian ambil program speaking, kamu sebaiknya tinggal di camp untuk melatih Bahasa Inggris kamu. Kenapa? Karena Bahasa Inggris itu masalah kebiasaan. Selain itu biasanya dalam camp ada kelas tambahan diluar kelas regular di tempat kursus. Sepengalaman saya biasanya ada kelas pagi setelah subuh hingga jam 6an dan kelas malam setelah magrib.

Umumnya camp untuk perempuan jauh lebih bagus dan nyaman dibandingkan camp laki-laki dengan harga yang sama, ini dari penglihatan saya. Jadi untuk kamu perempuan jangan khawatir tinggal di camp.

Apa saja yang didapat di kelas saat camp?

Umumnya kamu akan diberikan tambahan vocabulary, grammar dasar, atau games dalam bahsa Inggris.

Kebanyakan setiap camp punya acara setiap minggunya untuk mempererat keakraban para membernya. Bisa dengan acara outbound di weekend pagi atau acara confidence show di malam hari bisa drama, menyanyi, speech, atau public speaking yang biasanya dilakukan di hari kamis jumat.

6.    RESEARCH TEMPAT KURSUSAN

Setelah kamu yakin dengan program apa yang mau kamu ambil, jangan lupa kamu cari informasi tentang lembaga kursusnya, jangan sampai kamu datang ke sana tapi tidak sesuai ekspetasi kamu.


Nah, setelah kamu membaca ulasan diatas pastinya kamu sudah dapat gambaran kan tentang program apa yang mau kamu ambil?

Jika kamu ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya ya.


Untuk tulisan selanjutnya saya akan bahas tempat kursus yang pernah saya ambil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments