7 Tips Persiapan Sebelum ke Kampung Inggris Pare, Kediri


Bagi kamu yang berniat pergi ke Pare tapi bingung apa saja yang harus disiapkan, maka tulisan ini sangat cocok untuk kamu. Dengan membaca 7 tips dari tulisan ini, kamu dijamin tidak akan kebingungan lagi untuk pergi ke kampung Inggris Pare, Kediri.

test kampung inggris pare, kediri


Kampung Inggris merupakan suatu wilayah di Pare, Kediri Jawa Timur dimana di daerah ini terdapat banyak lembaga kursus khususnya Bahasa Inggris. Menurut info yang saya dapat lebih dari 100 lembaga kursus tersedia di kampung Inggris ini. Jadi tidak heran banyak orang yang datang ke kampung Inggris baik dari pulau jawa maupun dari pulau-pulau lainnya. Bahkan tidak sedikit mahasiswa luar negeri yang sedang melakukan pertukaran pelajar di Indonesia belajar Bahasa Inggris di Pare, contohnya mahasiswa dari Thailand.

Selain Bahasa Inggris, ada juga tempat kursus lain yang ada di Pare ini, seperti Bahasa Arab, German, Jepang, dan Bahasa lainnya. Ada pula kursus computer dan persiapan snmptn untuk para pelajar sma.

Persiapan yang cukup matang perlu kamu lakukan agar kamu tidak kesulitan disana nanti. Berikut ini tips persiapan sebelum ke kampung Inggris yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya.

1. Kapan Beragkat?

source: http://www.fengshuitoday.com/date-selection/

Mula-mula kamu harus tentukan dulu kamu akan berangkat tanggal dan bulan apa. Biasanya program di kampung Inggris dimulai setiap tanggal 10 dan tanggal 25 atau sering disebut periode 10 dan peride 25.

Beberapa program hanya dibuka untuk periode 10 saja, oleh karenanya tanggal keberangkatan perlu kamu rencanakan agar kamu tidak salah datang. Terlebih lagi beberapa program di tempat kursus hanya dibuka di bulan-bulan tertentu saja, biasanya untuk program yang berdurasi lama lebih dari 1 bulan, misalnya BEC yang dibuka di bulan-bulan tertentu.

Kampung Inggris akan sangat ramai di saat libur sekolah atau setelah wisuda mahasiswa, karena banyak siswa atau mahasiswa yang belajar disana selama liburan mereka atau untuk persiapan sebelum melamar pekerjaan. Bahkan tidak sedikit sekolah-sekolah melakukan kerjasama dengan lembaga di kampung Inggris. Ketika ini terjadi kelas di kampung Inggris akan sangat cepat penuh terutama lembaga-lembaga favorit seperti daffodis dan elfast.

2. Berapa Lama?

source: https://ucomm.wsu.edu/public-domain-duration-of-copyrights/

Alokasi waktu yang kamu siapkan akan menentukan jenis program apa yang bisa kamu ambil serta kemajuan Bahasa Inggris kamu. Tentunya semakin lama kamu disana semakin banyak pelajaran yang bisa kamu ambil untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mu.

Jika kamu memiliki waktu pendek misalnya 1 bulan, sebaiknya kamu pilih program speaking saja atau grammar saja. Karena menurut saya 1 bulan tidak cukup untuk meningkatkan kemampuan kamu terebih untuk semua aspek apalagi jika kamu masih pemula.

3. Tempat kursus/program

kampung inggris pare, kediri
source: http://www.kampunginggris.in/oxford-ila-pare-kediri/

Sebelum kamu berangkat ke kampung Inggris sebaiknya kamu tentukan dulu tujuan yang ingin kamu capai selama di sana. Apakah untuk meningkatkan speaking, Grammar, Tes perisapan, atau belajar Bahasa Inggris dari awal. Hal ini akan menentukan program-program apa yang cocok untuk kamu ambil, sehingga selama kamu disana kamu bisa belajar secara efektif dan efisien, tidak membuang-buang waktu kamu.

Setelah kamu tahu tujuan kamu apa, selanjutnya kamu perlu melakukan pencarian informasi mengenai program-program apa saja yang ada di kampung Inggris serta tempat kursus apa yang akan cocok untuk kamu. Saran saya sebaiknya kamu daftar secara online saja, khususnya jika kamu ingin mendaftar di lembaga kursus favorit seperti elfast dan daffodils. Karena tempat kursus yang popular cenderung cepat penuh.

4. Tempat Tinggal Kos/Camp

camp kampung inggris pare, kediri
Salah satu camp di kampung inggris
source:https://www.kampunginggris.in/test/

Kamu juga perlu mempertimbangkan akomodasi selama disana, apakah kamu mau tinggal di camp atau di tempat kos.

Beberapa tempat kursus menyediakan camp dan beberapa tidak, olehkarenanya kamu perlu cek terlebih dahulu jika kamu ingin camp di tempat mereka. Kelebihan utama tinggal di camp menurut saya adalah English area, hal ini tidak akan kamu dapatkan jika tinggal di kos.

Jika kamu berniat untuk meningkatkan kemampuan speaking kamu sebaiknya kamu tinggal di camp saja. Tetapi jika kamu akan mengambil program grammar saya tidak menyarankan kamu untuk tinggal di camp, karena biasanya aktifitas camp berakhir dimalam hari dan kemungkinan kamu tidak punya cukup waktu untuk belajar. Terlebih satu kamar dalam camp dihuni setidanya oleh 4 orang.

info kos kampung inggris pare, kediri
Beberapa tempat kos dan penginapan di kampung inggris

Tinggal di kos akan sangat cocok untuk kamu yang mengambil program grammar, tes persiapan atau ingin memiliki privasi sendiri. Harga kos di kampung Inggris mulai dari 400 ribu untuk yang sederhana hingga 2 jutaan untuk kos dengan fasilitas lengkap. Harga ini biasanya harga per kamar, jadi jika kamu ingin kos berdua maka kamu tinggal bagi dua saja biayanya tanpa menambah lagi. 

5. Transportasi

transportasi kampung inggris pare, kediri
Jenis Transporasi
source:http://www.venturaxllc.com/transportation/

Memilih jenis transporatasi juga tidak boleh kamu lupakan ketika kamu akan berangkat ke kampung Inggris. Kamu bisa memilih menggunakan bis, kereta atau pesawat untuk mencapai Pare.

Saya sendiri pergi ke Pare menggunakan kereta dari Jakarta, harga tiketnya mulai dari 80 ribuan hingga 230 ribuan untuk ekonomi AC dan 400-500 ribuan untuk kelas eksekutif. Lama perjalanan sekitar 11-13 jam-an tergantung kelas kereta yang kamu ambil. Biasanya kereta dari Jakarta akan berangkat di sore hari dan sampai di pagi hari mulai dari jam set 3 pagi hingga jam 7an (tergantung kelas kereta).

Jika kamu naik kereta kamu bisa turun di stasiun Kediri, dari sini kamu bisa menyewa ojek atau mobil yang ada di depan stasiun. Biaya ojek sekitar 50 ribuan dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Jika kamu berangkat ramai-ramai dengan teman kamu bisa sewa mobil dengan biaya patungan yang sama sekitar 50 ribu. Jika bawaan kamu banyak dan kamu datang sendiri kamu juga bisa mengunakan angkot dengan biaya 30 ribuan tapi sebelumnya kamu perlu menghubungi supir angkotnya untuk menentukan waktu jemputan (angkot ini transpertasi paling hemat).

Ini nomor angkot Pare (Pa wahyu) yang pernah saya gunakan: 085784635257

Jika kamu tidak mau repot kamu juga bisa menggunakan jasa antar jemput yang disediakan oleh beberapa tempat jasa di kampung Inggris, opsi ini sangat coock jika kamu ke Pare dengan menggunakan pesawat.

Saran saya pesanlah tiket jauh-jauh hari setidaknya 2 minggu sebelum keberangkatan karena terkadang tiket cepat habis khususnya di waktu libur sekolah atau hari libur besar. Biasanya banyak orang yang berlibur ke malang menggunakan kereta yang sama dengan kamu.

6. Barang bawaan

Bawalah barang secukupnya selama kamu di kampung Inggris, karena disana ada beberapa minimarket bahkan supermarket (di jalan besar/utama) yang bisa memenuhi kebutuhan kamu. Tidak lupa bawa uang secukupnya saja karena ada atm disana untuk menghindari tindakan criminal.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak kesulitan dengan bawaan kamu ketika berangkat kesana.

7. Budget

budget kampung inggris pare, kediri
source:https://www.osbm.nc.gov/budget/budget101

Hal ini gak kalah pentingnya juga karena menyangkut kebutuhan hidup kamu selama disana. Siapkan budget kamu untuk membayar biaya kursus, tempat tinggal, tiket, ojek/mobil jemputan, sewa sepeda, peralatan mandi, hiburan/wisata, serta biaya makan kamu.

Sepeda akan berguna buat kamu karena itu satu-satu alat transporatsi yang bisa kamu gunakan selain becak selama di Pare, kamu perlu ini untuk pergi ke atm, minimarket/supermarket, serta ke tempat kursus jika kamu kos atau camp kamu jauh dari tempat kursus. Biaya sewa sepeda mulai dari 50 ribuan hingga 150 ribuan untuk sepeda yang masih baru. Harga sewa ini mulai dari per 2 minggu hingga 1 bulan. Jangan lupa siapkan ktp kamu karena digunakan sebagai jaminan selama kamu menyewa sepeda.

Biaya makan di kampung Inggris cenderung lebih murah dari kota-kota besar mulai dari 5000 ribu kamu sudah bisa mendapatkan nasi pecel atau nasi kuning, tetapi jika kamu ingin memakan ayam biasanya harganya diatas 10 ribu. Di kampung Inggris ini juga banyak café-café loh dengan harganya tidak jauh berbeda dari café-café di kota besar.

Hal unik yang saya temui adalah murahnya harga es jeruk, hanya sekitar 3 ribuan ,tetapi ternyata rasa jeruknya tidak berasa. Tempat makan yang saya rekomendasikan adalah warung makan di jalan dahlia (dekat access es) karena selain pilihannya banyak harganya juga cukup murah terlebih lagi tempatnya bersih.

Itulah tips-tips yang bisa saya berikan untuk kamu yang berniat pergi ke kampung Inggris, jika kamu menyukai tulisan ini atau ada pertanyaan silakan komen saja ya.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
June 24, 2021 at 2:40 PM delete

kalau mau ke kampung inggris memang ngga perlu ragu sih apalagi untuk menuntut ilmu transportasi sudah banyak dan kos"an bervariasi dilengkapi fasilitas hingga kosongan, mungkin yang memiliki waktu luang sperti pelajar baru lulus bisa menyisihkan waktunya sebelum masuk kuliah berbeda Kursus Bahasa Inggris Untuk Karyawan yang memiliki kesibukan pagi sampai sore tidak bisa untuk menetap dengan era modern sekarang ini banyak kursus yang menyediakan program online agar lebih mobile jadi tunggu apa lagi belajar tidak akan menghianati hasil

Reply
avatar