Cara Paling Mudah Mengupload Tabel Kedalam Posting Blogspot


Apakah kamu pernah merasa kebingungan ketika kamu mencoba mengupload tabel kedalam postingan blog kamu tetapi hasilnya berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang kamu desain?

Jika kamu pernah mengalaminya dan masih bingung dan tidak tahu caranya bagaimana hingga saat ini, maka tulisan ini sangat tepat untuk kamu baca.

Sebagai blogger pemula tentunya banyak hal yang harus dipelajari, mulai dari mendesign tampilan blog kamu hingga mengatur isi dari blog kamu. Ketika kamu ingin menampilkan tabel kedalam postingan kamu, tanpa pikir panjang kamu akan langsung mengcopy-paste saja dari Microsoft word ke dalam posting blog kamu. Tetapi ketika kamu cek hasil publishnya, ternyata hasilnya jauh berbeda dengan apa yang telah kamu buat. Tabel yang telah dipost cenderung berantakan dan melewati batas wilayah tulisan blog kamu.

Saya pun dulu seperti kamu ko, tetapi setelah saya cari penyebabnya, teryata untuk mengupload tabel kedalam posting blog ada cara tersendiri. Ada beberapa cara diluar sana untuk mengupload tabel kedalam postingan blog kamu, tetapi yang akan saya jelaskan adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, bahakan untuk seseorang yang masih pemula pun akan cepat mengerti dengan mudah.

Lalu bagaimana sebenarnya cara melakukannya? caranya sangat mudah, kamu ikuti saja tahapan-tahapan dibawah ini.

cara upload tabel postingan blog blogspot
Copy tabel

Mula-mula kamu copy tabel yang ada di Microsoft word kamu ke dalam file word baru, caranya dengan mengklik tab file pada Microsoft word kamu lalu kamu pilih new dan paste tabel yang tadi kamu sudah buat. Kemudian kamu atur posisi tabel tadi (align left, center, atau right) terlebih dahulu sebelum kamu upload dan jika kamu ingin mengedit yang lainnya sebaiknya kamu lakukan ditahap ini.

cara upload tabel postingan blog blogspot
File baru untuk tabel

Setelah selesai dengan editan kamu, kamu save tabel yang sudah kamu buat tadi kedalam format web page (*htm, *html).

cara upload tabel postingan blog blogspot
save kedalam format web page

Kemudian kamu buka file tadi kedalam browser kamu. Caranya dengan close file word yang berisi tabel tadi, lalu kamu buka lagi, maka secara otomatis file word kamu akan terbuka di browser kamu.

Lalu kamu klik kanan pada halaman yang memunculkan tabel kamu tersebut dan pilih view page source. Secara otomatis halaman dalam bentuk kode-kode html akan terbuka di tab baru.

cara upload tabel postingan blog blogspot
buka tabel di browser

Sampai disini, kamu jangan kebingungan ya ketika melihat kode-kode pemograman html yang banyak dan rumit. Disini kamu harus mencari kode dengan tulisan <table... Bagaimana cara mencarinya?

Biasanya kode <table... ini berada dibagian paling bawah halaman browser kamu, jadi kamu hanya perlu menscroll hingga kebagaian terbawah halaman tadi. Setelah kamu temukan, kemudian kamu copy saja kode-kode html tersebut mulai dari <table.. hingga </table>.

cara upload tabel postingan blog blogspot
copy kode html tabel

Tahapan selanjutnya adalah membuka tulisan pada blogger kamu, sebelumnya kamu bisa copy paste tulisan kamu terlebih dahulu kedalam new post blogspot.

Kode-kode html tabel yang sebelumnya telah kamu copy hanya perlu kamu paste kan saja kedalam postingan kamu. Tetapi sebelumnya kamu ganti terlebih dahulu format tulisan kedalam html.  Disini kamu akan melihat tulisan kamu dalm bentuk kode-kode pemograman.

Jika kamu bingung harus menaruh dimana kode-kode html tadi, kamu letakkan saja dibagian paling bawah postingan kamu. Jadi kamu paste saja kode-kode tadi kebagian paling bawah postingan kamu dalam bentuk html.

cara upload tabel postingan blog blogspot
html mode pada post blog

Sampai tahap ini, kamu hanya perlu mengedit posisi tulisan kamu saja.

Caranya dengan mengubah kembali format tulisan kamu kedalam bentuk compose (sebelumnya html). Setelah kamu mengubahnya kamu akan melihat hasil tabel kamu tadi pada bagian paling bawah postingan kamu tadi. Disini kamu hanya perlu mengubah posisi tulisan kamu saja hingga posisi tabel kamu sesuai dengan yang kamu inginkan.

cara upload tabel postingan blog blogspot
hasil copy-paste kode html tabel

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempublish tulisan kamu dan melihat hasilnya di blog kamu. Hasilnya adalah seperti ini:

Waktu
Kelas
5.30-7.00
Memorizing
8.30-10.00
Conversation
10.45-11.45
Drilling
13.00-14.30
Writing
15.30-17.00
Speaking
19.30-21.30
Multimedia class

Bagaimana? Ternyata sangat mudah sekalikan cara untuk mengupload tabel kedalam postingan blog kamu. Sekarang kamu tidak perlu khawatir dan bingung lagi jika kamu ingin mengupload tabel kedalam blog kamu lagi.

Jika tulisan ini dapat bermanfaat dan membantu kamu, silakan komen di bawah ya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »