Review Tempat kursus di Kampung Inggris Pare Part 2 : Daffodils, Elfast, Global English (GE), dan Access Es

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari review tempat kursus di kampung Inggris Pare yang sudah saya posting di postingan sebelumnya. Untuk tulisan ini saya akan membahas empat tempat kursus sekaligus yaitu Daffodils, Elfast, Global English (GE), dan Access Es .

Semoga tulisan ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan gambaran seperti apa kursus Bahasa Inggris di kampong Inggris Pare.
 
Daffodils Kampung Inggris Pare Kediri
Kelas Step Two Daffodils

Daffodils


Setelah merasa tidak begitu berkembang di Mr. Bob saya memutuskan untuk mengambil program speaking di daffodils. Saat itu saya mengambil program step two yaitu program 1 bulan dengan level intermediate. Materi yang disampaikan mengenai cross culture dengan biaya 200 ribu.

Sangat berbeda jauh sekali suasana di daffodils dibandingkan dengan Mr. Bob yang saya rasakan. Mulai dari cara pengajaran , kelas, dan teman-teman sekelas saya.

Pengajar merupakan seorang yang sangat berpengalaman dengan gelar sarjana sastra atau pendidikan. Saat itu yang mengajar kelas saya adalah mom Septin yang merupakan salah satu pendiri Daffodils. Mom Septin mengajar dengan sangat lihai dengan pengetahuannya yang sangat luas mengenai cross culture. Kelas disampaikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, dan hanya beliau lah yang dibolehkan menggunakan Bahasa Indonesia selama di kelas.

Pada saat awal program akan dijelaskan mengenai aturan dan tata tertib serta materi selama program berlangsung. Untuk program step two ini setiap member kelas wajib melakukan presentasi selama 30 menit dengan waktu presentasi materi 5-10 menit dan sisanya adalah tanya jawab. Uniknya rata-rata member melakukan presentasi lebih dari 30 menit, karena memang tidak seberat yang dibayangkan. Materi presentasi bebas tetapi tidak boleh berhubungan dengan hal pribadi misalnya tentang keluarga. Untuk urutan presentasi diberlakukan sistem acak atau kamu bisa menjadi relawan untuk maju presentasi sehari sebelumnya. Penyampaian kelas serius tapi santai seperti saat kuliah saja.

Kelas di Daffodils sendiri sangat spesial, karena selama saya di pare hanya kelas di Daffodils yang menyediakan AC di setiap kelasnya. Jadi kamu ga akan kepanasan kalau mengambil kelas di siang hari.  

Sebagai informasi cuaca di pare sangat panas seperti di Jakarta. Jangan lupa siapkan sunblock.

Teman-teman selama di Daffodils pun cenderung jauh lebih serius belajar dari pada saat di Mr. Bob. Mereka terlihat memang berniat sekali untuk meningkatkan bahasa Inggris, sehingga banyak yang menjadi volunteer untuk presentasi di kelas. Berbeda dengan saat di Mr. Bob, ketika diminta untuk presentasi cenderung tidak siap sampai membuat tutor kesal (Speak Up 100).

Daffodils Kampung Inggris Pare Kediri
Materi Step Two Daffodils

Jadi jika kamu ingin suasana yang lebih serius Daffodils lah tempat yang sangat cocok buat kamu. Teman-teman sekelas saya pun memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni beberapa bahkan sudah sangat lancar menurut saya. Mereka sudah bisa berbicara tanpa filler (aaa…umm..) , jadi sangat cocok untuk kamu dengan kemampuan Bahasa Inggris yang bukan pemula.

Meskipun begitu untuk kamu yang masih pemula, Daffodils juga menyediakan kelas-kelas dasar, seperti stepping stone atau first speak. Disana kamu akan berlatih speaking dengan tutor yang sudah berpengalaman.

Jika kamu ingin mengambil program di Daffodils sebaiknya kamu daftar jauh-jauh hari di website mereka, setidaknya satu minggu sebelum kelas dimulai. Karena kelas akan cepat full khususnya kelas-kelas di level dasar seperti speak first, speak second, dan stepping stone.

Untuk catatan, pendaftaran kelas di Daffodils dibuka setiap 2 minggu sebelum kelas dimulai. Jadi kamu harus cek tanggal ya.

Daffodils juga menyediakan program public speaking yang merupakan program andalan dan favorite Daffodils dimana kamu akan berlatih speaking di depan umum secara impromptu yaitu speaking dengan topik yang dadakan. Disini kamu akan diajarkan bagaimana melakukan speech yang baik dan benar dan bagaimana mengembangkan ide on the spot agar kamu tidak blank saat speech. Pengajar di kelas public speaking merupakan salah satu pendiri Daffodils yang juga pernah mewakili Indonesia di ajang Toastmaster International, yang merupakan perkumpulan orang-orang yang senang public speaking. Untuk mengikuti kelas ini kamu wajib mengikuti tes masuk, karena kuotanya terbatas. Tenang saja hanya kelas public speaking yang memerlukan tes masuk.

Selain kelas speaking Daffodils juga menyediakan kelas lain seperti pronunciation dan vocabulary. Dimana vocabulary Daffodils sangat berbeda dengan tempat lain yaitu dengan membaca artikel Bahasa Inggris dan mencari vocab-vocab dddalamnya. Kelas vocab ini juga cenderung lebih cocok untuk kamu yang sudah punya basic Bahasa Inggris.

Kelebihan lainnya dari Daffodils adalah kamu bebas mengikuti study club yang diadakan oleh Daffodils, dimana study club ini tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk melatih kemampuan speaking kamu. Kamu bebas mengikuti lebih dari 1 kelas, meskipun kamu tidak mengikuti kelas regulernya, tapi sesuikan dengan kemampuan kamu ya. Jadi sebelum kamu ambil program lain cek dulu jadwal study club mu ya agar tidak bentrok. Meskipun begitu kamu bebas untuk ikut atau tidak study club ini.

Daffodils Kampung Inggris Pare Kediri
Jadwal Study Club Daffodils

Volume kelas di Daffodils berkisar antara 20-30 orang per kelas. Daffodils sendiri tidak menyediakan camp, tetapi pemilik daffodils yaitu mom Indah dan Dina memiliki camp yang bisa kamu tempati. Salah satunya yaitu Alfalfa yang merupakan camp yang direkomdasikan untuk kamu yang sedang ambil program speaking di pare karena kamu akan sering berlatih speaking di tempat ini. Aturan di camp ini juga sangat ketat dalam hal English area dengan jumlah camp yang banyak.

Elfast

Elfast Kampung Inggris Pare Kediri
Elfast
Source : http://www.irhamfaridh.com/2015/08/pengalaman-belajar-di-kampung-inggris.html

Selain di Daffodils saya juga mengambil program Elfast di bulan kedua saya selama di kampung Inggris, yaitu kelas writing.

Siapa orang yang tidak mengenal Elfast di kampu Inggris? Elfast adalah salah satu lembaga kursus yang paling favorit di kampung Inggris dengan program andalannya grammar dan writing. Konon program writing di Elfast merupakan level tertinggi di kampung Inggris. Dilihat dari brosurnya writing memang berada dibagian bawah, satu level dibawah writing advance (kelas paling tinggi).

Program grammar sendiri terdiri dari fundamental English, Basic Program 1&2, Story Writing, Translation, Grammar School, Writing, dan Writing Advance. Programnya berjalan rata-rata selama 1 bulan.

Kelas writing ini merupakan kelas besar dengan kapasitas sekitar 50 orang, kelas terbesar selama saya di pare dengan biaya 200 ribu Pengajarnya ada tiga orang, dua orang di kelas sore (2.30) dan satu orang di kelas malam (6.45) untuk mereview materi grammar. Sebagai catatan grammar yang dibahas hanya yang menunjang writing saja dan dilakukan cukup cepat tapi jelas. Tutor favorite saya adalah Mr. Musa yang sangat lihai membahas grammar Bahasa Inggris. Mr Musa sendiri mengajar di kelas sore dan bertugas sebagai pengkoreksi writing teman-teman. Tidak ada tes masuk untuk mengikuti kelas writing ini.

Kelas disampaikan seperti perkuliahan, absen cenderung dilakukan di awal saja dan kamu bebas mau datang atau tidak tidak masalah. Hanya saja tulisan kamu di hari sebelumnya tidak akan dibagikan dan diperiksa.

Selama kamu mengikuti kelas ini sebagian besar akan diisi dengan tugas writing yaitu mentranslate artikel Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris yang berasal dari koran, artikelnya hanya sekitar dua paragraph dan berisi kata-kata kiasan yang cukup aneh jika kamu translate ke bahasa Inggris sehingga kamus biasa tidak cukup dan kamu perlu kamus tambahan yaitu kamus collocation, yang berisi pasangan-pasangan kata yang sesuai. Misalnya strong engine atau powerful engine? Mana yang paling cocok. Disinilah kamus collocation akan membantu. Elfast juga menjual buku-buku Bahasa Inggris jadi kamu bisa dapatkan kamusnya disana.

Jadwal menulis biasanya dilakukan dua hari sekali untuk minggu-minggu awal dan dilanjutkan dengan menulis setiap hari. Koreksi tulisan dan pembahasan dilakukan keesokan harinya untuk minggu awal dimana tulisan kamu dan teman-teman akan dijadikan satu sehingga kamu tahu kemampuan writing teman sekelasmu. Untuk minggu-minggu selanjutnya koreksi dan pembahasan tugas kamu dilakukan private secara bergiliran. Untuk mendapatkan sertifikat kamu wajib lulus ujian akhir.

Elfast Kampung Inggris Pare Kediri
Hasil Koreksi Writing

Selain kelas grammar Elfast juga menyediakan kelas TOEFL/IELTS preparation dan speaking. dengan tutor yang berpengalaman di bidang grammar, sangat cocok jika kamu ingin meningkatkan score structure mu disini.

Elfast juga menyediakan camp dan camp ini sangat cepat penuh. Jadi kamu harus daftar jauh-jauh hari.

Program grammar Elfast sangat saya rekomendasi untuk diambil sebelum mengambil program TOEFL/IELTS preparation. Karena program TOEFL/IELTS preparation cenderung lebih banyak bahas soal.

Bangunan tempat kursus Elfast menurut saya paling besar yang pernah saya lihat di pare, dimana camp menyatu dengan tempat kursus, jadi semacam kompleks bangunan yang luas.

Global English

Global English Kampung Inggris Pare Kediri
Global English
source: http://www.kampunginggris.co.id/2015/11/global-english.html

Selain Elfast dan Daffodils saya juga mengambil program di Global English, yang merupakan salah satu tempat favorite juga di kampung Inggris. Lokasinya ada di jalan utama yaitu jalan Brawijaya sehinga sangat strategis, terlebih lagi, disamping tempat kursus terdapat pusat ATM dan dekat dengan minimarket serta tempat makan. Hal ini merupakan nilai plus untuk Global English.

Program yang saya ambil adalah vocabulary for IELTS dengan biaya 140 ribu. Tetapi karena saya merasa kurang cocok dengan kelas dan tutornya (terlalu pasif dan tutor baru pertama pegang kelas vocab), saya minta untuk ganti kelas menjadi grammar for writing. Disini kelebihan dari Global English, selama 3 hari pertama, kamu boleh pindah kelas jika tidak cocok.

Meskipun sudah pindah ke kelas grammar, lagi-lagi saya kurang cocok dengan suasana kelas dan tutornya. Kelas kurang kondusif meskipun dalam ruangan, namun dibatasi sekat kayu, dimana suara tutor dikelas sebelah sangat kencang sekali sedangkan tutor kelas saya sibuk menulis di papan tulis. Saat penjelasanpun suaranya kurang keras. Akhirnya saya malah mendengarkan tutor sebelah. Ya memang tidak semua tempat kursus akan cocok sama kamu.

Saran saya sebaiknya kamu cari tahu dulu siapa tutor yan bagus disana. Karena saat daftar pun kamu akan ditanya mau pilih tutor yang mana. Saat itu saya tidak memilih. Inilah kesalahan saya, jangan ditiru ya.

Global English ini merupakan tempat kursus terlengkap di kampung Inggris, mulai dari speaking hingga IELTS preparation pun ada. Kamu mau ambil program paket atau satuan juga bisa. Untuk beberapa program seperti speaking, H-1 biasanya ada placement Test untuk menentukan level kamu. Ya, di Global English ini ada level-levelnya untuk hampir setiap program. Mulai dari speaking 1 hingga public speaking atau pun writing 1 hingga 3. Yang lebih advance lagi kamu bisa ambil untuk kelas-kelas tes preparation misalnya speaking for IELTS. Tentunya akan lebih tinggi tingkatannya da nada tes masuknya.

Ciri khas dari Global English ini menurut saya adalah untuk setiap periode belajar pasti akan membuat macet jalan, karena kamu bakalan lihat banyak member baru yang berdatangan dengan koper dan tas besar mereka.

Access Es

Access Es Kampung Inggris Pare Kediri
Access Es
source : http://access-es.org/seputar-kampung-inggris-pare/

Di bulan yang sama saya juga mengambil program pronunciation di Access Es dengan tujuan ingin mendapatkan materi lanjutan dari materi pronunciation yang saya dapat di Mr. Bob.

Saya pilih Access Es karena terdapat beberapa level yang ada mulai dari level 1 hingga 3. Sayangnya untuk program satuan hanya sampai level 2 dan berhubung jadwal saya bentrok dengan level 2 saya ambil level 1 B karena setelah mendengar penjelasan program spertinya bagus.

Tetapi alangkah terkejutnya saya ternyata materi yang disampaikan sudah saya dapatkan di kelas pronun ½ Mr. Bob, sehingga saya mulai kurang semangat ikut kelas. Ditambah kamus yang mereka pakai adalah longman yang notabennya menggunakan aksen amerika dan cara baca symbolnya pun ada sedikit perbedaan. Meskipun begitu ada satu materi yang tidak saya dapatkan di kelas Mr. Bob yaitu final sound s/es dan d/ed yang menurut saya ini sangat berguna.

Selain kelas pronunciation, Access Es juga membuka kelas speaking hingga persiapan tes Bahasa Inggris.

Pembelajaran tidak dilakukan di dalam kelas melainkan diteras rumah ataupun diluar halaman. Meskipun begitu ada juga dalam bangunan dari bamboo.

Inilah review lembaga Daffodils, Elfast, Global English, dan Access Es yang pernah saya ambil. Semoga bisa menjadi referensi bagi kalian dalam menentukan pilihan tempat kursus di kampung Inggris pare.

Untuk postingan selanjutnya saya akan melanjutkan review tempat kursus yang pernah saya ambil yaitu Oxford dan Test English school. Dimana Test English school ini merupakan tempat kursus terlama yang saya ambil selama di kampung Inggris.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
caesta@gmail.com
February 11, 2017 at 10:20 AM delete

Hii,
Minta advicenya utk kelas ielts, saya lihat yg rekomen di TEST sama GE? Ada masukan.

Reply
avatar
February 15, 2017 at 12:20 PM delete

kalo budget mu banyak pilih english studio saja, soalnya kelasnya lebih kecil, ambil program yang 3 bulan, kalo ga salah namanya master class. terakhir saya cek biayanya 7 juta.

Reply
avatar
May 13, 2017 at 8:30 PM delete

Speaking kampung inggris akses https://kampunginggris-pare.com

Reply
avatar
July 7, 2017 at 10:36 AM delete

Halo ka mau nanya, setiap tempat les punya keunggulan di bidang nya masing2 kan. Lebih baik pilih yg paketan dr 1 lembaga, atau beda2? . Kalo beda2 gt pusing ga sih atur jadwalnya

Reply
avatar
July 28, 2017 at 11:19 PM delete

Hii.. mw tanya antara mr.bob dan the daffodils yg mana duluan yaa yg hrs sy ambil?? Kr2 kl suruh milih bagus mana untuk speaking n public apeakingnya???

Reply
avatar
November 9, 2017 at 6:36 AM delete

betul, memang jika lembaganya beda" agak susah nyocokin jadwal antara 1 lembaga dengan lembaga lain. Aku pun pernah kejadian waktu ambil toefl di oxford jadwal bentrok yang akhirnya ganti level biar cocok ama tempat lain.
untungnya kursus dibeberapa tempat sih kita jadi tau dimana yang cara mengajarnya cocok ama gaya belajar kita.
saranku sih kalo mau fokus speaking/grammer ambil di satu lemabaga aja tapi kalo masih ada jam kosong banyak baru tambah lembaga lain.

Reply
avatar
November 9, 2017 at 6:38 AM delete

kalo untuk speaking n public speaking jelas daffodils paling bagus.

Reply
avatar
wia
January 3, 2018 at 4:20 PM delete

yang sudah tidak ada waktu untuk datang ke Pare ga usah sedih :-D
Sekarang banyak kelas online yang bisa hemat waktu kamu.
Soal guru jangan khawatir. Mulai dari lulusan Sastra Inggris dari Univ Terbaik sampai luar negeri ada.

Coba cekk di BritishEnglishClass.com

Online learning via Chatting Apps, ada WA, LIne atau Skype.

Bebas pilih waktu belajar kamu. Gurunya asli bukan robot! :-D

Reply
avatar
January 3, 2018 at 4:22 PM delete

Silahkan linknya Gan http://www.britishenglishclass.com/

Reply
avatar
February 5, 2018 at 11:27 AM delete

Halo, aku mau tanya utk kelas grammar+speaking yg recommended dmn ya? Aku ada rencana utk ambil kelas intensive grammar di elfast, tp msh ragu krn menurut review dari alumninya kelas tsb mengajarkan dari basic sedangkan kemampuan grammarku udh lumayan. Minta masukannya, thanks before :)

Reply
avatar
September 3, 2018 at 10:59 PM delete

Hallo ka, saya punya waktu 3 bulan,saya pengenya ,kursus + camp, kemampuan inggris saya minim + butuh persiapan untuk ikut Seleksi masuk PTN, cocoknya saya masuk lembaga mana? Terimakasih

Reply
avatar
September 3, 2018 at 10:59 PM delete

Hallo ka, saya punya waktu 3 bulan,saya pengenya ,kursus + camp, kemampuan inggris saya minim + butuh persiapan untuk ikut Seleksi masuk PTN, cocoknya saya masuk lembaga mana? Terimakasih

Reply
avatar
January 7, 2019 at 7:53 PM delete

Halo kak, kira-kira kalau mau belajar grammar, speaking, dan TOEFL itu mending di Daffodils atau Elfast? Waktunya cuma 1 buland kak, terima kasih

Reply
avatar
November 24, 2019 at 3:35 PM delete

Kira² untuk yang masih nol bahasa inggrisnya, lebih baik recomen yang mana ya?

Reply
avatar