Review Tempat Kursus di Kampung Inggris Pare Part 1 : Mr.Bob

Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas mengenai tips memilih tempat kursus di kampung Inggris. Untuk postingan kali saya ini akan me-review tempat-tempat kursusan di kampung Inggris Pare, Kediri yang pernah saya ambil. Karena tempat kursus yang saya pernah ambil cukup banyak, maka saya buat menjadi 3 bagian.

Sebagai informasi saya berngkat ke kampung Inggris pada akhir Juli sekitar seminggu setelah hari raya idul fitri dan mengikuti kelas pada periode 18 Juli. Saya berada di Pare hingga awal desember sebelum akhirnya kembali ke Bogor.

Pada awalnya saya juga ragu-ragu dalam memilih lembaga bahasa Inggris yang sesuai untuk tujuan saya yaitu speaking dan writing. Teman saya yang pernah ke kampung Inggris mEniarankan untuk mengambil program di Test English School, tapi saya masih ragu-rau karena disana lebih fokus ke persiapan tes Bahasa Inggris internasional. Sedangkan yang saya mau hanya meningkatkan speaking dan writing saja.

Setelah googling kesana kemari mengecek review-review dari blogger yang pernah kesana, dan juga mengecek website tempat kursus. Pilihan saya jatuh diantara daffodils dan Mr. Bob. Berhubung program yang ditawarkan oleh Mr. Bob cukup lengkap untuk materi speaking, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar di Mr.Bob.

Mr Bob kampung inggris pare kediri
Office Mr. Bob  yang baru
Source: http://www.kampunginggrisku.com/2016/08/biaya-paket-1-bulan-di-mrbob-kampung.html



Mr. Bob


Mr. Bob merupakan salah satu lembaga Bahasa Inggris di kampung Inggris yang cukup populer khususnya untuk orang-orang yang berasal dari jawa barat dan Jakarta. Ya, kamu bakalan ketemu dengan orang-orang Jakarta, Bekasi, Bandung disana. Menurut saya ini terjadi karena Mr. Bob sangat lihai dalam mempromosikan tempat kursusnya di internet. Terbukti ketika saya mencari informasi tentang kampung Inggris di mesin pencari google, website mereka berada di urutan nomor 1. Terlebih lagi tampilan website yang menarik dan informasi program kursus yang jelas menjadi daya Tarik tersendiri.

Hal ini tentunya menjadi pertimbangan saya dalam memilih lembaga kursus. Informasi yang mereka berikan cukup membuat saya tertarik untuk mendaftar.

Saat itu saya mendaftar untuk program satu bulan dengan nama paket 1 bulan plus-plus dengan biaya 1,45 juta. Fasilitas yang saya dapatkan antara lain: camp English area, kaos Mr.Bob, goodie bag, dan note untuk diary. Sedangkan program yang saya dapatkan adalah 9 program di kelas dan 3 program di camp. Banyak bukan?

Mengingat Mr. Bob merupakan lembaga kursus yang mEnielenggarakan kelasanya setiap dua minggu maka materi dua minggu pertama akan berbeda dengan dua minggu selanutnya. Untuk dua minggu pertama yang saya dapatkan antara lain:

Program per 2 minggu ke-1
Program di camp:
  • Morning club
  • Evening club
  • Diary up

Program di kelas:
  • Tic talk
  • Speak up 1
  • Pronun ½
  • Super fun grammar 1

Sedangkan untuk program per 2 minggu ke-2

Program di camp:
  • Morning club
  • Evening club
  • Diary up

Program di kelas:
  • Pronun WOW
  • Go go talk
  • Quicky Speak
  • Zip zip
  • Speak up 100

Untuk di Mr. Bob ini kamu bebas memilih program yang kamu mau dan juga jam yang kamu mau. Jadi kalau kamu kurang cocok dengan kelas atau programnya kamu bisa minta ganti atau pindah kelas. Saya pribadi memiihi program untuk per 2 minggu ke-2 sesuai dengan kebutuhan saya setelah mengamati jalannya program di dua minggu pertama. Sehingga saya paham program apa yang harus saya ambil selanjutnya.

Nah kamu mungkin bingung dengan nama-nama program diatas untuk lebih jelasnya saya jabarkan dibawah. Ini sesuai dengan pengalaman saya ya.

Morning club

Morning club merupakan program yang disediakan oleh pihak Mr. Bob untuk member yang tinggal di camp mereka, ya betul kamu bebas memilih untuk mengikuti camp atau memilih untuk kos saja. Morning club ini biasanya dimulai jam 5 pagi hingga jam 6 pagi. Jadi setelah bangun tidur kamu bisa sholat berjamaah dan lanjut ikut kelas morning club ini.

Saat morning club ini biasanya kamu bakal belajar kosa kata Bahasa Inggris baru atau vocabulary. Vocabulary untuk speaking tentunya jadi kata-kata yang memamng dipakai sehari-hari.  Terkadang tutor camp juga memberikan bahasa slang di morning club ini yaitu Bahasa gaulnya orang barat sana. Ya lumayan untuk dipakai di conversation sesama teman biar ga monoton, tapi jangan digunakan untuk orang yang lebih tua ya.

Hal yang paling mEnienangkan adalah setelah program selesai biasanya ada penjual nasi kuning keliling yang lewat depan camp, atau biasa kami mEniebutnya naning alias nasi kuning. Harganya murah hanya sekitar 5000 sudah termasuk gorengan.

Evening club

Beda lagi dengan evening club biasanya disini kita main games dengan bahsaa Inggris tapi terkadang juga ada review materi kelas atau tambahan materi seperti grammar for speaking. biasanya dimuai jam 4 sore hingga jam 5.

Diary up

Seperti namanya Diary up ini saat dimana kita berlatih menulis dalam Bahasa Inggris. Jangan khawatir tulis saja sebisa kamu entah satu paragraph atau satu halaman yang penting nulis. Disini tutor akan bantu kamu buat periksa tuisan kamu. Setiap hari biasanya topiknya akan berbeda-beda. Misalnya topik mengenai makanan kesukaan atau pengalaman selama di kampung Inggris.

Selama kamu di camp, tutor juga ikut tinggal bareng kamu loh. Makanya kamu harus manfaatin tutor ini untuk gali ilmunya, atau latihan speaking bareng dia.

Perlu diingat kalau di camp Mr. Bob ini berlaku system English area, dan jika kamu melanggar kamu akan kena hukuman. Mulai dari membuat list vocabulary, speech di pinggir jalan atau di cafe, hingga dikeluakan dari camp. Tentunya ini jika ketauan tutor camp ya. Tapi tenang saja jika kamu dikeluarkan dari camp kamu masih bisa mengikuti kelas seperti biasa, hanya saja kamu harus mencari tempat tinggal baru.

Oleh karenanya jika kamu berniat ingin bisa berbicara Bahasa Inggris alangkah baiknya kamu paksakan saja untuk berbicara bahasa Inggris. Awalnya mungkin kamu masih gagap, tapi lama-lama akan biasa juga. Apalagi jika saat mengantri kamar mandi. Kapan lagi kamu dapat suasana yang mendukung untuk berlatih kalau bukan di kampung Inggris. Karena saat di rumah kamu akan kesulitan, malah dibilang sok inggris. Jadi manfaatin kesempatan emas ini ya.

Selama saya disana, English area di camp saya tidak berjalan dengan lancar. Masih sering teman camp saya berbicara Bahasa Indonesia dan tutor cuek saja. Tetapi di camp lain ada juga yang berjalan English areanya. Jadi memang tutor memperngaruhi juga kelancaran English area ini.

Sekitaar minggu ketiga pun program evening club digabungkan dengan diary up, kemungkinan karena banyak member yang kecapaian.

Program di kelas

Tic talk

Tic talk merupakan program untuk vocabulary, disini tutor akan bercerita sambil menuliskan vocab-vocab yang ia sebutkan. Biasanya bisa lebih dari 20 vocab. Tenang saja kamu ga bakalan disuruh untuk mengahafal kok. Cerita yang disampaikan oleh tutor juga menarik dan biasanya sebelum kelas selesai akan ada games dengan hadiah makanan ringan seperti b*ngb*ng.

Speak up 1

Ini adalah program untuk speaking dasar dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam berbahasa Inggris. Jadi untuk kamu yang masih pemula kelas ini sangat cocok buat kamu. Tapi jika kamu bukan pemula saya tidak sarankan ambil kelas ini. Karena materinya masih sangat basic dan teman sekelas kamu pun memang yang Bahasa Inggrisnya masih dasar dengan vocabulary yang masih terbatas. Oleh karenanya kamu akan susah untuk berkembang dan hanya buang-buang waktu saja.

Sekali lagi saya sarankan program ini hanya kamu ambil kalau kamu masih pemula, karena kelas ini sangat cocok untuk kamu. Tutor yang mengajar juga sangat friendly dan fun dalam membawakan kelas.

Pronun ½

Ini merupakan program yang sangat sangat saya rekomndasikan baik untuk kamu yang masih pemula atau tidak. Mengapa? Karena dengan ambil program disini kamu akan belajar cara pelafalan Bahasa Inggris yang baik dan benar oleh tutor yang sangat berpengalaman. Hal yang jarang kamu dapatkan di lembaga kursus di kota besar atau saat di sekolah. Tutor saya sendiri berbicara dengan aksen british, suaranya mirip sekalai dengan suara-suara di podcast british. Saat pertama dengar, saya pun hanya menangkap sebagian saja dari apa yang dia ucapkan.

Tutor yang recommended adalah Paijo dan Dave. Saya sendiri diajarkan oleh Paijo, mengajarnya disiplin dan kamu bebas memilih kelas dilakukan dalam full Bahasa Inggris atau tidak, bisa juga 50:50. Selama saya disana hanya Paijo yang menawarkan ini.

Setelah program selesai kamu akan bisa membaca phonetic symbol yang ada di kamus oxford atau longman yang mana ini sangat membantu sekali. Kamus oxford merupakan kamus wajib untuk dibawa dikelas pronun ½ ini.

Mr Bob kampung inggris pare kediri
Hukuman kelas Mr Bob

Super fun grammar 1

Super fun grammar adalah program grammar for speaking dimana kamu akan belajar materi-materi grammar yang berguna dalam speaking kamu. Program ini sangat recommended.

Saat itu saya diajarkan oleh seorang ibu-ibu yang biasa dipanggil mom Eni yang merupakan penduduk lokal pare dan sekarang tinggal di Belgian bersama suami bulenya sambil kuliah juga. Wow salut banget saya dengan beliau ini.

Jadi mom Eni ini sedang liburan di kampung Inggris saat itu dan beliau ini memang sebelumnya tutor disana. Beliau ini mengajar sangat fun sekali dan kamu lebih banyak berdidiri daripada duduk sambil menggerakan pose-pose untuk membantu menghafalkan tenses. Yan dikelas ini kamu akan belajar part of speech dan tenses. Jangan salah tensesnya ada 16 tensen yang disampaikan dengan sangat menarik sehingga kalian akan hafal diluar kepala, ditambah selama dikelas Mom Eni paling tidak suka orang yang mencatat. Sehingga kalian dituntut untuk hafal diluar kepala tentunya dengan trik dari beliau. Mom Eni ini merupakan lulusan BEC dulunya. Jadi jika kamu ke Mr Bob dan mom Eni ada disana sebaiknya kamu ambil kelas beliau ini. Selain grammar, mom Eni juga mengajarkan career talk untuk kamu yang ingin berlatih interview kerja.

Pronun WOW

Pronun wow ini merupakan kelanjutan dari pronun ½. Setelah kamu paham gimana cara melafalkan huruf-hiuruf bahasa Inggris, disini kamu akan diajarkan gimana caranya ngomong seperti bule, yaitu ngomong cepat dan jelas. Selain itu kamu akan belajar juga lagu rap di kelas ini di minggu terakhir.

Go go talk

Go go talk ini merupakan prakteknya super fun grammar menurut saya. Karena kamu diharuskan bercerita atau melakukan conversation dengan menggunakan tenses. Misalnya hari pertama kamu diminta bercerita dengan present tenses dan besoknya dengan past tenses. Kelas ini juga recommended untuk melatih speaking kalian dengan grammar yang benar.

Quicky Speak

Quicky speak merupakan kelas speaking dengan materi cross culture. Jadi kamu akan membahas mengenai masalah culture seperti perbedaan culture di daerah kamu dengan di pare. Selama dikelas ini kamu wajib menggunkan Bahasa Inggris, dengan porsi Bahasa Inggris sekitar 70% . jika kamu berbicara Bahasa Indonesia muka kamu akan dioleskan bedak putih. Kelas ini juga recommended.

Zip zip

Zip-zip merupakan program listening dari Mr Bob dimana kamu akan mendengarkan podcast lalu mengerjakan soal fill the blank yang dibagikan. Podcast yang diberikan bisa berupa conversation, cerita, atau lagu.

Speak up 100

Seperti namanya ini merupakan program speaking dimana kamu wajib menggunakan Bahasa Inggris 100%. Di kelas ini kamu harus melakukan presentasi.

Dibandingakn dengan kursusan lain, Mr Bob merupaka tempat kursus yang paling fun mulai dari tutor dan juga suasanya belajarnya dan juga banyak games, sesuatu yang tidak saya temui di lembaga lain. Jadi selama di kampung Inggris hanya di Mr Bob saya banyak main games. Selama disana pun hanya saat saya di Mr Bob, saya sering pergi ke café hamper setiap malam dengan teman-teman camp. Ditambah member Mr. Bob setiap minggu pasti pergi jalan-jalan, entah itu ke gunung Kelud, Pantai atau ke Malang. Jadi kamu yang suka jalan-jalan, kamu akan ketemu dengan orang yang senang main juga.

Hal yang paling saya suka dari Mr Bob adalah tutor-tutor yang sangat friendly, mulai dari perkenalan hingga kelas selesaipun kamu akan dianggap sebagai teman mereka. Selama disanapun panggilan mereka bukan mister atau miss tapi bro dan sis. Panggilan ini juga digunakan untuk sesama member untuk menghilangkan batasan usia, agar tidak kaku mungkin.  Sesuatu yang sangat aneh ketika kamu pergi ke elfast dan penjual jus memanggil kamu dengan sebutan mister atau miss. Karena selama kalian di Mr Bob kamu hanya menggunakan isltilah bro dan sis. Jujur saya sendiri sangat kaget ketika penjual jus meanggil saya mister, karena saya merasa sudah tua. haha

Kelas Mr Bob sendiri telah berpindah dari jalan brawijaya ke asparaga dengan bangunan kelas yang masih baru dengan tembok yang kokoh. Karena tidak semua lembaga kursus dijalankan dalam bangunan, ada yang berupa gubuk atau di halaman luar.

Sedangkan hal negatifnya mungkin masalah camp ya, soalnya tidak semua camp English area nya berjalan lancar. Selain itu fasilitas camp belum standar antara satu dengan yang lain, Kualitasnya beda-beda. Ada yang nyaman ada yang kurang nyaman, dengan harga yang sama seharusnya fasilitas yang didapat juga sama.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
December 19, 2017 at 10:09 AM delete

Kak mau nanya kalau mau belajar speaking sama toefl rekomen di lembaga mana ya??
Makasih

Reply
avatar
February 14, 2018 at 5:45 PM delete

Untuk Speaking yang recomended di Peace, kalau TOEFL bisa coba di ELFAST

Reply
avatar
June 7, 2018 at 5:04 PM delete

Mau tanya dong. Kalo d mr.bob ini kira2 untuk Grammar intens gak? Soalnya saya mau perbaiki bhs inggris sudah bukan beginner lagi :')

Reply
avatar
August 4, 2018 at 6:26 PM delete

Kak kalo pengen grammar+speak+write+read dalam 1 lembaga yg recommend apa ya

Reply
avatar
November 29, 2018 at 2:51 PM delete

Coba sebelum kesana di tanyakan std fasilitas camp krn banyak laporan segala sesuatunya tambah uang sewa seperti kipas angin, gantungan baju dlk

Reply
avatar
January 11, 2021 at 5:14 PM delete

Kawan-kawan diwilayah Pare, Kediri, Jombang, Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kertosono bisa dibeli di Ventela Kediri.

Tersedia berbagai macam produk sepatu sneaker produk dari Ventela
Info WA. 0812 2216 5002

Reply
avatar